Taylor Swift

Rabu, 10 Oktober 2012

BAB 1 ISD SEBAGAI MKDU ( MATA KULIAH DASAR UMUM )


ISD SEBAGAI MKDU ( MATA KULIAH DASAR UMUM )


1.      Pendahuluan
Setiap orang yang melanjutkan ke Pendidikan Tinggi atau sebuah Universitas di harapkan mempunyai :
1.      Kemampuan akademik,
2.      Kemampuan profesi, dan
3.      Kemampuan pribadi
Karena lulusan Perguruan Tinggi biasanya setelah lulus sudah mempunyai  keahlian dalam bidang masing-masing yang di tekuninya selama masih belajar di Perguruan Tinggi. Bukan hanya kemampuan akademik dan kemampuan profesi yang mesti di capai karena telah ada mata kuliahnya sendiri tapi setiap orang atau calon sarjana juga harus mempunyai kemampuan pribadi yang di dalamnya termasuk dalam penganjaran ( MKDU ) Mata Kuliah Dasar Umum, yang biasanya terdiri atas :
1.      Pancasila
2.      Agama
3.      Kewiraan
4.      Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa
5.      Ilmu Alamiah Dasar ( IAD )
6.      Ilmu sosial dasar ( ISD )
7.      Ilmu Budaya Dasar ( IBD )
Kemampuan pribadi yang hendak di capai MKDU bertujuan untuk menghasilkan warga negara yang berkualifikasi sebagai berikut :
a.       Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menghargai agamaNya.
b.      Berjiwa Pancasila dan selalu mengangkat nilai-nilai Pancasila
c.       Memiliki wawasan Sejarah Bangsa dan mempelajari segala aspek-aspek tentang Negara dan Pancasila guna meningkatkan kesadaran untuk berbangsa dan bernegara.
d.      Selalu menyingkapi masalah dengan baik dan tidak menggunakan kekerasan.
e.       Mempunyai wawasan budaya yang luas, dan selalu melestarikan kebudayaan negaranya.
Karena tema pokok ISD adalah bagian timbal balik  antar manusia dan lingkungannya, dan hubungan tersebut dapat mewujudkan kenyataan-kenyataan dan masalah-masalah sosial.
2.      ISD : PENGERTIAN, TUJUAN,  ISD DAN IPS
Berdasarkan sumber filsafat yang di anggap sebagai ilmu pengetahuan, maka ilmu dapat di kelompokkan manjadi 3 kelompok yaitu :
1.      Natural Science (ilmu-ilmu alamiah) meliputi : Fisika, kimia, Astronomi, Biologi dan lainnya.
2.      Sosial Science (ilmu-ilmu sosial) yaitu : Sosiologi, ekonomi, politik, antropologi, sejarah, psikologi, geografi dan lain-lain.
3.      Humanities (ilmu-ilmu budaya) meliputi : Bahasa, agama, kesastraan, kesenia, dan lain-lainnya.
Di lihat dari pembagian 3 kelompok di atas berarti Ilmu Sosial Dasar(ISD) dan Ilmu Pengetahuan Sosial(IPS) adalah satuan pengetahuan yang di kembangkan sebagai usaha pendidikan karena ISD adalah ilmu yang membahasa tentang masalah-masalah sosial, khususnya yang di wujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian ( fakta, konsep, teori ) tapi ISD tidak seperti IPS. Karena ISD bukanlah merupakan gabungan dari ilmu-ilmu sosial yang di persatukan, karena masing-masing sudah memiliki obyek dan metode ilmiahnya sendiri dan juga ISD tidak mengembangkan suatu penelitian sebagai mana suatu disiplin ilmu.
Namun dari ISD dan IPS mereka mempunyai tujuan yang sama, di antaranya :
1.      Memahami adanya kenyataan-kenyataan dan masalah-masalah sosial.
2.      Peka terhadap masalah dan mampu mengatasinya
3.      Menyadari bahwa setiap permasalahan yang timbul di masyarakat bersifat kompleks
4.      Memahami jalan fikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain.
Sedangkan ISD dan IPS mempunyai persamaan dan perbedaan, yakni :
·         Persamaan
1.      Merupakan bahan studi di dalam pendidikan
2.      Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri
3.      Mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.
·         Perbedaan
1.      ISD di berikan di Perguruan Tinggi sedangkan IPS di sekolah dasar dan sekolah lanjutan.
2.      ISD merupakan satu mata kuliah tunggal sedangkan IPS merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran
3.      ISD untuk membentuk siikap dan kepribadian, sedangkan IPS di bentuk untuk pengetahuan dan keterampilan intelektual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar