ISD SEBAGAI MKDU ( MATA KULIAH DASAR
UMUM )
1.
Pendahuluan
Setiap orang
yang melanjutkan ke Pendidikan Tinggi atau sebuah Universitas di harapkan
mempunyai :
1.
Kemampuan akademik,
2.
Kemampuan profesi, dan
3.
Kemampuan pribadi
Karena lulusan
Perguruan Tinggi biasanya setelah lulus sudah mempunyai keahlian dalam bidang masing-masing yang di
tekuninya selama masih belajar di Perguruan Tinggi. Bukan hanya kemampuan
akademik dan kemampuan profesi yang mesti di capai karena telah ada mata
kuliahnya sendiri tapi setiap orang atau calon sarjana juga harus mempunyai
kemampuan pribadi yang di dalamnya termasuk dalam penganjaran ( MKDU ) Mata
Kuliah Dasar Umum, yang biasanya terdiri atas :
1.
Pancasila
2.
Agama
3.
Kewiraan
4.
Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa
5.
Ilmu Alamiah Dasar ( IAD )
6.
Ilmu sosial dasar ( ISD )
7.
Ilmu Budaya Dasar ( IBD )
Kemampuan
pribadi yang hendak di capai MKDU bertujuan untuk menghasilkan warga negara
yang berkualifikasi sebagai berikut :
a.
Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan
menghargai agamaNya.
b.
Berjiwa Pancasila dan selalu mengangkat
nilai-nilai Pancasila
c.
Memiliki wawasan Sejarah Bangsa dan
mempelajari segala aspek-aspek tentang Negara dan Pancasila guna meningkatkan
kesadaran untuk berbangsa dan bernegara.
d.
Selalu menyingkapi masalah dengan baik
dan tidak menggunakan kekerasan.
e.
Mempunyai wawasan budaya yang luas, dan
selalu melestarikan kebudayaan negaranya.
Karena tema
pokok ISD adalah bagian timbal balik
antar manusia dan lingkungannya, dan hubungan tersebut dapat mewujudkan
kenyataan-kenyataan dan masalah-masalah sosial.
2.
ISD :
PENGERTIAN, TUJUAN, ISD DAN IPS
Berdasarkan
sumber filsafat yang di anggap sebagai ilmu pengetahuan, maka ilmu dapat di
kelompokkan manjadi 3 kelompok yaitu :
1.
Natural Science (ilmu-ilmu alamiah)
meliputi : Fisika, kimia, Astronomi, Biologi dan lainnya.
2.
Sosial Science (ilmu-ilmu sosial) yaitu
: Sosiologi, ekonomi, politik, antropologi, sejarah, psikologi, geografi dan
lain-lain.
3.
Humanities (ilmu-ilmu budaya) meliputi :
Bahasa, agama, kesastraan, kesenia, dan lain-lainnya.
Di
lihat dari pembagian 3 kelompok di atas berarti Ilmu Sosial Dasar(ISD) dan Ilmu
Pengetahuan Sosial(IPS) adalah satuan pengetahuan yang di kembangkan sebagai
usaha pendidikan karena ISD adalah ilmu yang membahasa tentang masalah-masalah
sosial, khususnya yang di wujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan
pengertian-pengertian ( fakta, konsep, teori ) tapi ISD tidak seperti IPS.
Karena ISD bukanlah merupakan gabungan dari ilmu-ilmu sosial yang di
persatukan, karena masing-masing sudah memiliki obyek dan metode ilmiahnya
sendiri dan juga ISD tidak mengembangkan suatu penelitian sebagai mana suatu disiplin
ilmu.
Namun
dari ISD dan IPS mereka mempunyai tujuan yang sama, di antaranya :
1.
Memahami adanya kenyataan-kenyataan dan
masalah-masalah sosial.
2.
Peka terhadap masalah dan mampu
mengatasinya
3.
Menyadari bahwa setiap permasalahan yang
timbul di masyarakat bersifat kompleks
4.
Memahami jalan fikiran para ahli dari
bidang ilmu pengetahuan lain.
Sedangkan
ISD dan IPS mempunyai persamaan dan perbedaan, yakni :
·
Persamaan
1. Merupakan
bahan studi di dalam pendidikan
2. Keduanya
bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri
3. Mempunyai
materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.
·
Perbedaan
1. ISD di
berikan di Perguruan Tinggi sedangkan IPS di sekolah dasar dan sekolah
lanjutan.
2. ISD
merupakan satu mata kuliah tunggal sedangkan IPS merupakan kelompok dari
sejumlah mata pelajaran
3. ISD
untuk membentuk siikap dan kepribadian, sedangkan IPS di bentuk untuk
pengetahuan dan keterampilan intelektual.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar