Taylor Swift

Minggu, 04 November 2012

6. PELAPISAN SOSIAL DAN KESAMAAN DERAJAT

6. PELAPISAN SOSIAL DAN KESAMAAN DERAJAT
A.    Pengertian
Masyarakat merupakan suatu kesatuan yang di dasarkan ikatan-ikatan yangg sudah teratur dan boleh di katakan stabil. Sehubungan dengan ini maka dengan sendirinya masyarakat merupakan kesatuan yang dalam pembentukannya mempunyai gejala yang sama. Setelah itu maka dapat di mengerti bahwa manusia  sebagai makhluk sosial yang selalu mengalami perubahan sosial.
Pelapisan masyarakat berarti jejang status dan peranan yang relatif permanen yang terdapat di dalam sistem sosial. Masyarakat yang berstratifikasi sering di lukiskan sebagai suatu kerucut atau primida, dimana lapisan bawah adalah lapisan paling lebar dan lapisan ini menyempit ke atas.
B.    Pelapisan Sosial Ciri Tetap Kelompok Sosial
Pembagian dan pemberian kedudukan yang berhubungan jenis kelamin nampaknya menjadi dasar dari seluruh sistem sosial. Tetapi hal ini perlu di ingat bahwa ketentuan-ketentuan tentang pembagian kedudukan antara laki-laki dan perempuan yang kemudian menjadi dasar daripada pembagian pekerjaan, semata-mata adalah di tentukan oleh sistem kebudayaan itu sendiri.
C.    Terjadinya Pelapisan Sosial
•    Terjadi dengan sendirinya : proses ini berjalan sesuai dengan pertumbuhan masyarakatnya, adapun orang-orang yang menduduki lapisan tertentu di bentuk bukan secara kesengajaaan tetapi secara alamiah. Sifatnya yang tanpa di sengaja  membuat pelapisan yang bervariasi menurut tempat, waktu, dan kebudayaan masyarakat di mana sistem ini berlaku.
•    Terjadi dengan di sengaja : di susun dengan sengaja di tujukan untuk mengejar tujuan bersama. Dan sudah di tentukan secara jelas dan tegas adanya wewenang  dan kekuasaan. Sistem ini di bentuk dengan sengaja.
D.    Pembedaan Sistem Pelapisan Menurut Sifatnya
1.    Sistem pelapisan masyarakat yang tertutup
Pemindahan anggota masyarakat ke lapisan yang lain baik ke atas maupun ke bawah tidak mungkin terjadi, kecuali ada hal-hal yang istimewa. Di dalam sistem yang demikian itu satu-satunya jalan untuk dapat masuk menjadi anggota dari suatu lapisan dalam masyarakat adalah karena kelahiran.
2.    Sistem pelapisan masyarakat yang terbuka
Setiap anggota masyarakat memiliki kesempatan untuk jatuh ke lapisan yang ada di bawahnya atau naik ke lapisan yang di atasnya. Sistem yang demikian ini dapat kita temukan misalnya di dalam masyarakat Indonesia sekarang ini. Setiap orang di beri kesempatan untuk menduduki segala jabatan bila ada kesempatan atau kemampuan.
E.    Beberapa Teori Tentang Pelapisan Sosial
•    Ada yang membagi pelapisan masyarakat, seperti ini :
a.    Masyarakat terdiri dari kelas atas (upper class) dan kelas bawah (lower class)
b.    Masyarakat terdiri dari tiga kelas, (upper),(middle), dan (lower).
Orang dapat menduduki lapisan tertentu di sebabkan oleh beberapa faktor, misalnya : keturunan,kecakapan,pengaruh,kekuatan, dan lain sebagainya. Oleh karena itu beberapa sarjana memiliki tekanan yang berbeda di dalam menyampaikan teori-teori tentang pelapisan masyarakat.
KESAMAAN DERAJAT
Sifat perhubungan antara manusia dan lingkungan masyarakat pada umumnya adalah tibal balik, artinya seseorang itu sebagai anggota masyarakatnya, mempunyai hak dan kewajiban baik terhadap masyarakat, pemerintah atau negaranya.
1.    Persamaan Hak
Adanya kekuasaan negara seolah-olah hak individu lambat laun di rasakan sangat mengganggu, karena dimana kekuasaan negara itu berkembang, maka ia terpakasa memasuki lingkungan hak manusia pribadi dan berkuranglah pula luas batas hak-hak yang di miliki individu itu. Dan akan tibul suatu persengketaan pokok antara kedua kekuasaan ini secara porinsif.
2.    Persamaan Derajat Di Indonesia
Mengenai hak dan kebebasan yang berkaitan dengan adanya persamaan derajat dan hak kebebasan yang berkaitan dengan adanya persamaan derajat dan hak juga tercantum dalam pasal-pasalnya secara jelas. Sebagaimana kita ketahui negara Indonesia menganut asas bahwa setiap negara memiliki kedudukan yang sama dalam hukum dan pemerintah.
ELITE DAN MASSA
•    Golongan Elite sebagai Minoritas
1.    Elite menduduki posisi yang penting
2.    Faktor utama yang menentukan kedudukan
3.    Memiliki tanggung jawab yang lebih besar bila di bandingkan dengan masyarakat lain
4.    Konsekuensinya logis dari ketiga pengertian di atas.
•    Fungsi yang harus dijalankan Elite
1.    Elite politik atau elite yang berkuasa
2.    Elite ekonomi, militer, diplomatik, dan cendikiawan. Atau elite yang berkuasa
3.    Elite agama, filsuf, pendidik dan pemuka masyarakat.
4.    Elite yang memberikan kebutuhan psikologis seperti hiburan.
PEMBAGIAN PENDAPATAN
Pendistribusian pendapatan nasional itu perlu campur tangan pemerintah, melalui peraturan-peraturan,upah,pajak,sewa, dan sebagaimana. Dan pajak tersebut akan di gunakan untuk membangun rumah sakit, membangun sekolahan dan sebagainya. Dan mereka yang berpenghasilan kecil akan dapat merasakan bagian pendapatan nasional yang telah di atur.

1 komentar:

  1. Hei kawan,Yuk kita ikut lomba 10 kategori lomba khusus bagi mahasiswa Universitas Gunadarma. Edisi
    Desember2012 ini diperuntukan bagi mahasiswa S1 dan D3. Tersedia 100 pemenang, atau 10 pemenang
    untuk setiap kategori. link
    http://studentsite.gunadarma.ac.id/news/news.php?stateid=shownews&idn=755

    oh iya, kalian nggak mau ketinggalan kan untuk update terhadap berita studentsite dan baak , maka dari itu, yuk pasang RSS di Studentsite kalian.. untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS , silahkan kunjungi link ini
    http://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.5

    makasi :)

    BalasHapus