Taylor Swift

Selasa, 06 November 2012

Pergaulan Para Remaja Saat Ini

Pergaulan Para Remaja Saat Ini

Sumpah Pemuda yang sering di peringati pada tanggal 28 Oktober, sudahlah jarang di peringati oleh pemuda-pemuda pada umumnya. Kecuali oleh siswa-siswi dari SD,SMP dan SMA, itupun mereka mau mengikutinya jikalau di suruh oleh guru atau pembimbingnya. Entah kenapa bisa seperti itu ?
Rasa nasionalisme kaum pemuda saat ini sudah tidak terlihat lagi, mereka saat ini sudah keasyikan dengan dunia mereka seperti lebih memilih ke Warnet atau warung internet, maen PS ataupun hanya nongkrong di warung-warung.
Bukan hanya itu saja, pemuda saat ini banyak juga yang tak beraturan dan tak menaati hukum yang ada. Buktinya tawuran antar pelajar, balap motor liar, sampai memakai narkotika dan meminum minuman keras.

•    Kita ambil contoh satu, yaitu : “Tawuran Antar Pelajar”
Tawuran antar pelajar sudah sering terjadi, dan sering terjadi tahun-tahun ini. Entah apa yang mereka pikirkan sehingga mereka melakukan hal seperti itu. Dan bisa saja mereka melakukan tawuran tersebut dengan alasan yang tidak masuk akal, contohnya : mempertahankan harga diri lah, membalaskan dendam, atau yang lainnya.

•    Kita ambil contoh lagi, yaitu : “Balap Motor Liar”
Balap motor yang mereka lakukan bukan balap motor yang di lakukan valentino Rossi atau Pedrosa, tapi balapan mereka adalah balapan liar. Balapan yang di lakukan pada malam hari di jalanan umum tanpa memperdulikan keselamatan diri sendiri maupun orang lain. Atau istilah lainnya adalah trek-trekan. Hal ini mereka lakukan karena beberapa faktor, misalnya :
a.    Karena tidak mau terlihat lemah / kalah.
b.    Karena hadiahnya uang atau bisa juga motor.
c.    Menjaga kehormatan gank motornya, dll.
Tanpa mereka sadari, yang mereka lakukan itu sangatlah membahayakan keselamatan nyawa mereka. Yaa mungkin masih dapat di wajar jika yang melayang adalah  nyawa mereka sendiri, tapi bagaimana jika orang yang tak menahu tentang balapan dan hadiah yang mereka peroleh yang menjadi korbannya. Siapa yang mesti di salahkan ?
Di tambah kebanyakan dari pemuda atau remaja yang melakukan balap liar selalu menggunakan motor yang tidak memiliki kelengkapan seperti SIM,STNK atau mungkin KTP dan Kartu pelajar.
Mereka semua hanya modal nekat demi mendapatkan hadiah yang sangat menggiurkan mereka. Bukan hanya itu saja dari segelintir remaja yang mengikuti balap liar itu sering menggunakan motor curian atau pinjaman. Subhanallah...

•    Contoh ketiga atau terakhir adalah “ Memakai Narkotika atau Miras “
Mungkin bagi kaum berada membeli narkotika hanya tinggal membuka dompet atau mengambil di ATM, tapi tidak untuk orang yang kurang mampu tapi sudah ketagihan dengan obat-obatan seperti itu. Mereka bisa menggunakan segala cara untuk membeli barang haram tersebut jika sudah “sakaw”.
Entah itu mencuri atau menggunakan cara yang merugikan orang lain. Padahal melakukan hal itu hanyalah kesenangan semata namun bisa merusak jiwanya sendiri. Bukankah sudah banyak contoh yang terjadi di masyarakat atau mungkin depan dan sekitar mereka. Tentang bahayanya menggunakan barang haram itu, tapi apakah mereka melihat dan merasa takut pada akhirnya ??
Entahlah.. hanya mereka yang tau.
Sedangkan untuk remaja yang suka meminum minuman keras, biasanya mereka awalnya hanya mencoba-coba ketika mereka sedang kumpul-kumpul bersama teman-temannya. Bisa jadi dari satu orang yang suka meminum minuman seperti itu jadi bertambah ke semua orang yang berada di situ karena seringnya mencoba. Seperti remaja laki-laki sekarang terhadap sebuah rokok.
Solusi yang terbaik dari ketiga masalah yang sering di alami oleh para pemuda tidak jauh-jauh dari kepedulian mereka sendiri terhadap jiwa dan raga mereka. Di tambah harus di bantu juga dengan perhatian ekstra dari orang tua untuk anak-anaknya yang sudah terjerumus dalam 3 hal tersebut, karena mungkin saja mereka melakukan hal tersebut di sebabkan oleh kurangnya perhatian atau broken home.
Dan juga untuk para pembela negara atau polisi dan sebagainya, semakin cepat memberantas hal-hal seperti itu karena jika di diamkan akan membuat moral pemuda bangsa yang harusnya tidak melakukan menjadi melakukan. Dan juga untuk pemerintah supaya lebih menghimbau para pemuda untuk melakukan hal-hal positiv.
Namun untuk para remaja atau pemuda yang sudah menggunakan narkoba tau narkotika, mereka harus memasuki ruang rehabilitasi terlebih dahulu untuk supaya setelah mereka sudah sembuh tidak mencoba menggunakannya lagi.
Karena di ruang rehabilitasi, mereka akan di ajari bagaimana cara mendekatkan diri terhadap Sang Kuasa atau agamanya masing-masing, belajar seperti sekolah biasanya dan bisa juga sambil bermain.
Tapi kunci utama untuk menghindarkan semua itu, hanya 2 hal yang penting :
1.    Niat yang kuat
2.    Tidak cepat terhasut ataupun terjerumus
Dan marilah kita mengatakan “ SAY NO TO THAT ALL “

Tidak ada komentar:

Posting Komentar